Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Soekarno (2013): Film Biografi Proklamator Indonesia

Sinopsis Film Soekarno (2013)

DbFilm.web.id - Film "Soekarno" atau "Soekarno: Indonesia Merdeka" bercerita tentang seorang pria bernama Kusno. Ya! Soekarno memang dulunya bernama Kusno. 

Karena tubuhnya kurus dan sering sakit-sakitan, oleh ayahnya, nama Kusno diganti dengan Soekarno, dengan harapan bisa menjadi kesatria layaknya Adipati Karno.

Harapan ayahnya itu terwujud karena pada umur 24 tahun, Soekarno (diperankan oleh Ario Bayu) berhasil mengguncang podium dan berteriak "Kita harus merdeka sekarang!".

Akibatnya, Soekarno harus dipenjara karena dituduh menghasut dan memberontak seperti komunis. Tapi, Soekarno menggugat dengan pledoinya yang sangat terkenal, "Indonesia Menggugat" yang membuatnya dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.

Di kota Ende ini, Soekarno beristirahat sejenak dari politik. Hatinya tertarik pada gadis muda bernama Fatmawati (Tika Bravani). Padahal, saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih. Inggit harus rela melihat suaminya itu jatuh cinta dengan gadis lain.

Di tengah masalah rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya. Insting politik Soekarno kembali menguat. Belanda takluk oleh Jepang.

Anggapan Soekarno kalau Belanda adalah raksasa itu kini telah lenyap. Kemerdekaan Indonesia seolah di depan mata.

Sementara itu, Hatta dan Sjahrir, rival politik Soekarno pada masa muda mengingatkan kalau Jepang tidak kalah bengisnya dari Belanda, tetapi Soekarno punya sudut pandang yang berbeda.

Soekarno yakin bisa memanfaatkan Jepang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Hatta terpengaruh pemikiran Soekarno itu, tetapi Sjahrir tidak. Bekerja sama dengan Jepang sama saja memposisikan Indonesia menjadi bagian dari fasisme musuh Amerika-Inggris-Australia.

Soekarno tidak peduli. Dia yakin dengan pilihannya, bekerja sama dengan Jepang untuk kemerdekaan Indonesia. Bersama Hatta, Soekarno berupaya mewujudkan cita-citanya itu.

Anak-anak muda pengikut Sjahrir mencemooh Soekarno-Hatta sebagai kolaborator, menjual bangsa sendiri ke tangan fasis. Namun, Soekarno punya pandangan berbeda.

Judul
Soekarno
Tayang
11 Desember 2013
Durasi
2 jam 17 menit
Sutradara
Hanung Bramantyo
Pemain
Ario Bayu, Muhammad Abbe, Moch. Achir
Genre
Biografi | Drama | Sejarah
IMDb Rating
6.9/10 (590 Votes)

Soekarno (2013) on YouTube

Soekarno (2013) on the Web

Posting Komentar untuk "Sinopsis Soekarno (2013): Film Biografi Proklamator Indonesia"